• Fri. Jun 21st, 2024

Seputar Wisata Dari Berbagai Pelosok Tanah Air Nusantara

Selamat datang di artikel kami, disini kita akan memberikan wawasan mengenai seputar wisata dari berbagai macam pelosok tanah air nusantara yang mungkin kalian perlukan atau ingin di kunjungi yang bisa kalian dapatkan disini.

Wisata Museum di Indonesia Terbaik, Cocok untuk Museum Date – Mengunjungi museum dapat menjadi opsi terbaik saat musim libur tiba. Aktivitas tersebut menawarkan kesempatan untuk memahami sejarah, seni, hingga inovasi melalui pameran mengesankan.

Artikel ini akan memaparkan beberapa destinasi wisata museum di Indonesia yang menyuguhkan koleksi-koleksi unik. Penasaran ada apa saja? Berikut informasinya.

Wisata Museum di Indonesia Terbaik, Cocok untuk Museum Date

Deretan Wisata Museum di Indonesia Paling Recommended

Wisata Museum di Indonesia Terbaik, Cocok untuk Museum Date – Beberapa tahun lalu, berkunjung ke museum seringkali dianggap kuno. Persepsi tersebut timbul karena sejumlah orang berpikir museum hanya berisi artefak yang tidak relevan dengan kehidupan modern. Selain itu, pengalaman yang terbatas membuat wisata ke museum terasa membosankan.

Padahal sebenarnya, berwisata ke museum menjadi pilihan menarik yang menggabungkan unsur edukasi, budaya, serta rekreasi dalam satu aktivitas. Ini sangat cocok untuk para pelajar maupun anak-anak di usia eksplorasinya.

Seiring berjalannya waktu, minat pergi ke museum menjadi semakin meningkat. Salah satu alasannya adalah munculnya museum yang lebih interaktif dan menyajikan informasi dengan cara menarik.

Selain itu, tren museum date ala anak muda kian populer. Hal yang memungkinkan para pengunjung tidak sekedar belajar, namun juga menciptakan pengalaman tak terlupakan bersama pasangan atau teman.

Di Indonesia sendiri, tersedia banyak sekali museum unik yang tersebar di setiap daerah. Masing-masing museum memiliki tema dan konsep menakjubkan. Berikut adalah daftar wisata museum di Indonesia yang wajib Anda kunjungi.

1. Ullen Sentalu

Pilihan pertama ada Ullen Sentalu yang berada di Kec. Pakem, Kab. Sleman, DIY. Museum ini dibangun sejak 1994 lalu. Namun baru dibuka untuk umum pada 1997, tepat setelah KGPAA Paku Alam VIII meresmikannya.

Nama Ullen Sentalu ternyata adalah akronim dari “ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku”. Sementara makna dari nama ini adalah “Nyala lampu blencong sebagai petunjuk terhadap umat manusia dalam berjalan dan meniti suatu kehidupan”.

Ullen Sentalu sendiri sejatinya merupakan galeri milik Keluarga Haryono. Usut punya usut, Haryono masih memiliki hubungan kekerabatan yang kental dengan Keraton Yogyakarta. Sehingga koleksi yang terdapat di dalamnya berkaitan erat dengan keraton.

Seperti menampilkan budaya, kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram, hingga tokoh raja-raja. Para pengunjung juga bisa melihat beberapa koleksi batik dengan corak bermakna mendalam.

Destinasi wisata ini buka setiap Selasa hingga Minggu di mulai pada pukul 08.30 sampai 16.00 WIB. Adapun tiket masuknya mulai dari Rp 50 hingga Rp 100 ribu tergantung paket tour yang Anda pilih.

2. Radya Pustaka

Saatnya bergeser ke wilayah tetangga yakni Solo. Kota yang masih berkerabat dengan DIY ini juga menyuguhkan banyak wisata museum. Salah satunya adalah Radya Pustaka, yang digadang-gadang jadi wisata museum tertua di Indonesia sejak 1890 silam.

Berlokasikan di Jalan. Slamet Riyadi No 275, Sriwedari, Laweyan, Solo, Radya Pustaka memperagakan bermacam jenis koleksi yang unik. Sebut saja wayang kulit, buku-buku kuno, batu keramik, pusaka, hingga arca.

Para pengunjung tak perlu cemas perihal biaya apabila ingin berkunjung. Pasalnya, Radya Pustaka tidak memungut tarif tiket alias gratis. Cukup mengisi buku tamu di loket depan. Adapun jam operasionalnya mulai dari 08.00 sampai 16.00 WIB (Selasa – Minggu).

3. Museum Satwa

Bagi pasangan pecinta satwa atau orang tua yang ingin mengenalkan binatang kepada anak-anak, sepertinya wajib ke museum satu ini. Namanya adalah Museum Satwa yang berposisikan di Jalan Oro-Oro Ombo No. 9A, Batu, kota Malang.

Seperti namanya, konsep museumnya adalah menampilkan beragam koleksi satwa dari berbagai belahan dunia. Baik satwa hidup maupun yang sudah pengelola wisata awetkan untuk pameran edukatif.

Destinasi wisata museum di Indonesia ini buka setiap hari mulai 08.30 sampai 16.30 WIB. Sementara itu, harga tiketnya bervariasi tergantung usia. Mulai dari Rp 100.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp 75.000 khusus anak-anak.

4. Museum Konferensi Asia Afrika

Konferensi Asia Afrika yang berlangsung di Kota Kembang, Bandung pada 1955 silam menyisakan sejarah penting. Supaya tidak luntur akan perkembangan zaman, pemerintah Indonesia membangun Museum Konferensi Asia Afrika lengkap dengan segala kenangannya.

Jalan-jalan sambil belajar sejarah di sini tentu memberikan pengalaman yang menarik. Apalagi jika datangnya bersama orang-orang tersayang.

Lokasi tempat Museum Konferensi Asia Afrika ini berada di Jl. Asia Afrika Nomor 65, di Braga, kota Bandung. Tempatnya buka setiap Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu, mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Sementara tiket masuknya gratis!

5. Galeri Nasional

Galeri Nasional adalah salah satu wisata museum di Indonesia terpopuler, yang berada di Ibu Kota Jakarta. Salah satu daya tarik museum ini adalah konsep serta tema pameran yang berubah-ubah. Sehingga tidak akan terasa membosankan.

Museum Galeri Nasional sendiri buka setiap hari untuk koleksi permanen mulai jam 09.00-15.30 WIB. Khusus pameran kontemporer jadwalnya pukul 10.00-19.00 WIB. Sama seperti Asia Afrika, tiket masuk ke Galnas gratis.

6. Neka Gallery

Jalan-jalan ke Ubud Bali sepertinya kurang lengkap jika tidak mengunjungi Neka Gallery. Ini merupakan salah satu wisata museum di Indonesia yang ada di Pulau Bali yang terkenal seantero penjuru.

Neka menyuguhkan pameran seni dari para seniman kenamaan Tanah Air. Salah satu karya besar yang terpampang di sana adalah lukisan Affandi. Di museum bertaraf Internasional ini juga menghadirkan beragam pameran khas Bali yang ikonik.

Jika ingin berkunjung, Anda bisa datang setiap hari dari jam 09.00 sampai 17.00 WIB. Adapun tarif tiketnya Rp 50.000 per orang. Sementara pengunjung berusia kurang dari 12 tahun tidak dikenakan biaya.

Penutup:

Nah, demikian inilah beberapa rekomendasi wisata museum di Indonesia yang menakjubkan untuk Anda dikunjungi. Tentukan destinasi favorit Anda dan realisasikan bersama orang-orang tersayang saat liburan tiba. Semoga bermanfaat!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *